Sabtu, 07 Mei 2016

147 Penggalang Bersaing Rebut 28 Jatah Peserta Jambore Nasional

TRIBUNKALTIM.CO, NUNUKAN - Sebanyak 147 anggpta Pramuka Penggalang dari delapan kecamatan di Kabupaten Nunukan, mengikuti seleksi Jambore Nasional Gerakan Pramuka X tahun 2016 Kontingen Kabupaten Nunukan.
Ketua Panitia Seleksi Jamnas Gerakan Pramuka X Kontingen Kabupaten Nunukan, Haji Hermansyah, mengatakan, ratusan peserta ini akan memperebutkan kuota 28 dari 32 peserta Jambore Nasional dari Kabupaten Nunukan.
Empat jatah peserta dialokasikan melalui nonseleksi dengan pertimbangan tidak ada gugus depan penggalang yang terdaftar di kecamatan atau kwartir ranting (kwaran).
“Masing-masing satu peserta dialokasikan tanpa seleksi untuk Kwaran Krayan, Kwaran Sembakung, Kwaran Tulin Onsai, dan Kwaran Siemanggaris,” ujarnya, Kamis (5/5/2016) sore, disela sosialisasi kepada peserta seleksi dari Kwartir Ranting Nunukan Selatan di Kantor Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Nunukan.
Dia merincikan, dari 147 peserta seleksi yang memperebutkan 28 kuota peserta Jambore Nasional, Kwaran Nunukan mengirimkan 28 peserta, Kwaran Nunukan Selatan mengirimkan 23 peserta, Kwaran Sebatik mengirimkan 24 peserta, Kwaran Sebatik Barat mengirimkan 24 peserta, Kwaran Sebatik Timur mengirimkan 12 peserta, Kwaran Sebatik Tengah mengirimkan 12 peserta, Kwaran Sebuku mengirimkan 12 peserta, dan Kwaran Lumbis mengirimkan 12 peserta.
 mengikuti sejumlah tahapan seleksi.
Mulai dari pengetahuan Kepramukaan secara umum, teknik Kepramukaan, pengetahuan umum, SKU TKK wajib dan pilihan, serta keterampilan diri sendiri.
Peserta nonseleksi maupun peserta seleksi yang dinyatakan lolos, selanjutnya akan dibentuk menjadi empat regu masing-masing dua regu putra dan dua regu putri. Setiap regu terdiri dari delapan Penggalang.
Selain seleksi terhadap peserta, Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Nunukan juga menggelar seleksi untuk pembina damping.
“Kami akan menyeleksi untuk menghasilkan masing-masing dua pembina damping putra dan dua pembina damping putri,” ujarnya.
Sediktinya ada tujuh peserta yang mengikuti seleksi pembina damping masing-masing lima pembina putra dan dua pembina putri.
Untuk mengikuti seleksi pembina damping peserta haruslah pembina Pramuka Mahir Penggalang.

“Nanti mereka akan mengikuti uji kepatutan dan uji kelayakan,” ujarnya.
Kontingan yang terbentuk selanjutnya akan mewakili Kabupaten Nunukan pada Kontingen Kwaritr Daerah Kalimantan Utara untuk mengikuti Jambore Nasional X tahun 2016 di Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur, Jakarta Timur pada 14-21 Agustus 2016 mendatang. (*)

Sumber : http://kaltim.tribunnews.com

0 komentar:

Posting Komentar