Kamis, 05 Mei 2016

Upacara Hardiknas di Patok Tapal Batas Diwarnai Kesurupan Siswa

NUNUKAN, BERITAKALTARA.com – Upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional yang digelar di Patok 15 Tapal Batas Indonesia – Malaysia di wilayah perbatasan Kecamatan Sebatik Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara diwarnai kesurupan salah satu siswa kelas 6 SD. Akibat kesurupan tersebut, upacara yang rencananya akan dilaksanakan sekitar pukul 09.00 Wita sempat tertunda.
Anis, salah satu siswa SD terlihat meronta-ronta dan berteriak saat dilaksanakan gladiresik upacara. Rupanya Anis siswa kelas 6 SDN 05 Mentikas Kecamatan Sebatik Barat tiba-tiba berteriak histeris dan tubuhnya mengejang.
“Tahu-tahu teriak. Kami satu sekolahan, rumah kami tiga kilo dari sini. Mungkin kecapean,” ujar Eka salah satu siswa SDN 05 Mentikas, Senin (02/05/20106).
Salah satu anggota TNI AL yang ikut dalam upacara Arifin berupaya menyembuhkan siswa yang kesurupan dengan media air putih. Anis sempat kembali berontak ketika beberapa peserta upacara lainnya berusaha memegangi kaki dan tangan siswa SD kelas 6 tersebut.
Upaya penyembuhan berjalan hingga tiga kali karena setelah sembuh, tak beberapa lama Anis kembali berteriak dan membertontak. Akibat siswa kesurupan tersebut, pelaksanaan upacara sempat tertunda 30 menit.
“Tiga kali upaya penyembuhan tadi baru bisa sembuh. Langsung kita pulangkan siswanya,” ujar Arifin.
Hari ini lebih dari seribu guru, siswa SD, SMP, SMA dan sekolah sederajat serta anggota TNI, Polri, Anggota Pemadam Kebakaran, serta PNS di Kecamatan Sebatik Kabupaten Nunukan menggelar upacara Hari Pendidikan Nasional di Patok 15 Tapal Batas Indonesia – Malaysia.
Upacara dilaksanakan di atas bukit tepat di Patok 15 Tapal Batas. Selain menggelar upacara bendera, guru di wilayah perbatasan juga mengibarkan bendera merah putih sepanjang 127 meter tepat di garis batas antar negara.
“127 meter ini melambangkan peringatan Hardiknas hari ini. Semoga spirit membangun pendidikan di wilayah perbatasan terus berkelanjutan,” ujar inisiator upacara Hardiknas di Tapal Batas Wahid. #dhim

Sumber:  http://beritakaltara.com

0 komentar:

Posting Komentar