Kamis, 05 Mei 2016

Ribuan Siswa Gelar Upacara Hardiknas di Perbatasan Nunukan

NUNUKAN, BERITAKALTARA.com – Peringati Hari Pendidikan Nasional, lebih dari seribu siswa SD, SMP, SMA dan yang sederajat beserta guru,PNS, Satgas Pamtas, Anggota Polsek dan anggota Pemadam Kebakaran dan organisaasi kepemudaan menggelar upacara Hari Pendidikan Nasional.  Upacara Hardiknas kali ini diselenggarakan di patok 15 tapal batas Indonesia – Malaysia di Desa Bambangan Kecamatan Sebatik Barat. Inisiator kegiatan upacara sekaligus wakil ketua pelaksana Wahid mengatakan, pelaksanaan peringatan Hardiknas sengaja dilaksanakan di patok tapal batas agar semangat pendidikan Ki Hajar Dewantoro mampu member semangat bagi pengajar maupun siswa di wilayah perbatasan yang masih mengalami kendala baik infrasturktur maupun tenaga pengajar.
“Mereka tahu arti perjuangan, kemudian melihat Indonesia dari patok batas. Janganlah meratapi nasibmu yang engkau lihat dari tapalbatas, tidak ada infrastruktur, gedung yang tinggi. Tetapi lihatlah bagaimana mengisi Indonesia ke depan,” ujar Wahid, Senin (02/05/2016).
Untuk memeperingati Hari Pendidikan Nasional, guru di wilayah perbatasan Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara menggelar uapcara bendera di patok 15 tapal batas Indoensia- Malaysia. Selain menggelar upacara, para guru juga mengibarkan bendera merah putih sepanjang 127 meter tepat di garis batas antar negara.
“127 meter ini melambangkan peringatan Hardiknas hari ini. Semoga spirit membangun pendidikan di wilayah perbatasan terus berkelanjutan,” ujar inisiator upacara Hardiknas di tapal batas Wahid.
Wahid menambahkan, melalaui Hardiknas siswa sekolah di Kabupaten Nunukan juga memahami fungsi dan letak patok wilayah batas antar negara, sehingga mampu menjaga keberadaannya di wilayah perbatasan.
Menurutnya, patok batas Negara seharusnya bisa dijadikan destinasi wisata sehingga keberadaannya mamapu memberikan edukasi kepada generasi muda. #dhim

0 komentar:

Posting Komentar